Inilah 7 Kelebihan Mahasiswa Teknik Yang Tidak Dimiliki Jurusan lain

Posted by Unknown on 10:08 PM with No comments

kelebihan anak teknik

Banyak yang bilang fakultas teknik itu isinya anak-anak kutu buku yang tampangnya nerdy, nggak asyik, nggak gaul dan serius banget. Tapi kamu tahu nggak sih kalo ternyata ada banyak kelebihan yang dimiliki mahasiswa jurusan teknik, yang nggak dimiliki mahasiswa jurusan lain? Penasaran kan?

1) Punya visi yang jelas untuk masa depan

Nggak hanya mengawang-awang memikirkan nantinya mau jadi apa, mahasiswa teknik biasanya sudah punya tujuan yang jelas selepas lulus. Misalnya mau berprofesi sebagai apa, kerjanya ngapain aja, dan mau kerja di perusahaan seperti apa. Jadi kalau kamu punya pacar mahasiswa teknik, probably that’s one a keeper.

2) Terbiasa melakukan sesuatu secara tertata dan terencana

Kebanyakan jurusan di fakultas teknik mendorong mahasiswanya untuk merancang suatu proyek atau penelitian dari nol, dengan beberapa target untuk dipenuhi. Hal ini membuat para mahasiswa teknik terbiasa dengan struktur kerja yang tertata untuk mencapai hasil yang diinginkan. Keren kan?

3) To the point

Mungkin mahasiswa teknik bukan orang-orang berkepribadian bubbly yang pintar bergaul dan mengambil hati orang lain, tapi mereka adalah pribadi-pribadi yang selalu fokus. Mereka tak pintar berbasa-basi ketika berhubungan dengan orang lain, tapi lebih kepada bicara to the point, tanpa tedeng aling-aling.

4) Pendidikan yang keras menempa mereka menjadi pribadi yang pantang menyerah

Kuliah di jurusan teknik memang nggak gampang. Sejak awal masuk, seleksinya biasanya lebih susah. Untuk dapat nilai B aja harus belajar sampai begadang. Belum lagi dengan segudang tugas dan praktikum, sementara ada banyak kegiatan di UKM yang jadwalnya sering padat. Dengan kultur pendidikan yang keras seperti itu, hanya orang-orang yang pantang menyerah dan tak mudah patah yang bisa selamat melaluinya.

5) Nggak hanya berwacana, mereka juga merupakan eksekutor yang baik

Kalau anak manajemen biasanya paling jago menyusun rencana dan strategi, anak teknik terbiasa untuk mengeksekusinya. Mahasiswa manajemen biasanya akan bilang “Mau pergi ke Gunung Bromo nih, enaknya musim panas, biar nggak kehujanan di jalan” lalu mahasiswa teknik akan menimpali “kalau begitu, kamu perlu mempersiapkan bekal, bikin rencana perjalanan, beli segala kebutuhan, lihat peta dan tentukan mau lewat jalur mana, mau naik apa, biayanya berapa, mau menginap di mana, kira-kira nanti ada risiko apa di jalan...” dan lain sebagainya.

6) Mereka dibentuk jadi pribadi yang jago menciptakan solusi untuk masalah pelik

Kenyataan hidup yang harus diterima mahasiswa teknik adalah, mereka mau tak mau harus berkutat dengan kuliah hitung-hitungan seperti matematika level lanjutan, kalkulus, alogaritma, kimia, dan fisika. Salah hitung sedikit saja, maka seluruhnya akan salah. Karena itulah, otak mereka terbiasa untuk memecahkan masalah pelik dan lebih teliti.

7) Penampilan boleh kucel, tapi masa depan lebih terjamin

Dengan permintaan besar untuk tenaga kerja lulusan teknik, masa depan mahasiswa-mahasiswa jurusan teknik biasanya lebih terjamin. Mereka bisa memiliki profesi yang sangat spesifik dan tak tergantikan di perusahaan tempatnya bekerja.
Nah gimana, masih bingung nggak mau pilih jurusan apa? Atau jangan-jangan kamu lagi bingung mau terima anak teknik yang kemarin nembak atau nggak ya.
Categories: